Follow Us @eblogid

Wednesday, July 11, 2018

Dapur Bertungku, Jamuan Tamu Warga Pegunungan Dieng

Dataran tinggi Dieng yang terkenal dengan kentang, wortel dan sayuran lainya juga memiliki kearifan lokal yang khas. Salah satunya adalah tempat jamuan bagi tamu, walaupun ruang utama atau ruang tamu tersedia, tapi banyak warga lokal dieng mempersilahkan para tamu untuk masuk ke dapur bertungku.

Kekhasan ini menurut penuturan warga lokal sekitar Dieng dikarenakan suhu udara di dataran tinggi dieng sangat dingin, jadi secara turun temurun warga sekitar Dieng lebih nyaman berkumpul atau menerima tamu yang berkunjung di dapur yang dekat dengan tungku perapian.


Meja yang digunakan juga seperti menyesuaikan dengan kondisi tersebut, meja dibuat sekitar selutut orang dewasa, jadi tidak seperti meja-meja yang umum ditemui, disana tinggi meja sekitaran selutut. Hangat perapian dari tungku akan lebih terasa sampai ke badan dengan tinggi meja yang tidak terlalu tinggi, kemungkinan saya menerka alasanya mengapa meja makan atau meja tamu di dapur tidak terlalu tinggi. Ini hanya terkaan saya karena belum pernah bertanya mengapa meja dapur dibuat tidak tinggi.

Banyak hal unik lainya yang saya temukan di pegunungan Dieng Banjarnegara. Pada lain tulisan akan saya tulis.

No comments:

Post a Comment

Mengelola Sampah Organik Rumah Tangga

Beberapa tahun yang lalu saat melintas Pasar Ciroyom tercium bau busuk yang sangat menyengat dari sampah pasar yang mayoritas merupakan sisa...