Follow Us @eblogid

Tuesday, April 28, 2020

Serunya Menjelajahi Taman Hutan Raya Bandung

Kawasan Bandung Raya memiliki pesona wisata alam yang banyak. Salahsatunya adalah Taman Hutan Raya atau biasa disebut TAHURA. Tahura merupakan salah satu tempat wisata alam hutan hujan tropis yang didalamnya terdapat tujuan wisata Sejarah berupa Gua Jepang, Gua Belanda dan  Monumen Ir. H. Djuanda.

Perjalanan dimulai ...

Desember 2018, Berangkat dari Terminal Ledeng pukul 08:00, sampai di pertigaan dago sekitar 08:30 lalu sarapan dan mengisi perbekalan air minum dan makanan. Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan taksi online  (sejauh 3,9 KM dari simpang dago). Sampai di parkiran pintu sekitar 09:30 pagi, Masuk Taman Hutan Raya melalui Pintu III Tahura di kawasan Dago, udara begitu sejuk terasa.

Berdasarkan peta yang diberikan, untuk  memasuki kawasan Tahura ada 5 pintu masuk, tiga pos pintu masuk dikawasan dago,  pintu masuk Maribaya Lembang dan pintu masuk Tebing Keraton. Kami Tiket masuk TAHURA 12.000 (10.000 untuk tiket masuk dan 2.000 asuransi). Pada tiket masuk disertakan peta rute trekking dan objek-objek yang ada dikawasan Taman Hutan Raya.

Trek Taman ber-paving-blok dan beraspal, jadi tidak licin dan berlumpur. Sepanjang trek yang dilalui banyak pepohonan dari berbagai daerah di Nusantara. Pada Pepohonan tertempel papan penjelasan nama pohon dan nama ilmiahnya.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam perjalanan jalan santai akhirnya sampai curug Maribaya.

Tips untuk melakukan perjalanan trekking di Taman Hutan Raya Bandung - Curug Maribaya :

1. Lakukan perjalanan wisata di taman hutan raya pada cuaca tidak hujan atau tidak habis hujan. karena saat musim hujan beresiko pohon tumbang, jalanan lumpur dan licin. Atur perjalanan pada musim kemarau
2. Pakai pakaikan lengan panjang dan tidak tipis, karena di sepanjang hutan banyak nyamuk Aedes Aegypti.
3. Persiapkan perlengkapan darurat hujan misalnya jas hujan.
4. Persiapkan air minum dan makanan sesuai kebutuhan.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Mengelola Sampah Organik Rumah Tangga

Beberapa tahun yang lalu saat melintas Pasar Ciroyom tercium bau busuk yang sangat menyengat dari sampah pasar yang mayoritas merupakan sisa...